Cara Mengatasi Kebisingan dan Suhu Panas dari Atap Seng

1850 views

Seng adalah salah satu jenis atap yang mempunyai harga paling murah. Konsekuensinya, seng memiliki kualitas paling rendah jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Namun meski begitu, seng masih menjadi pilihan yang umum digunakan oleh orang-orang. Seng bisa Anda gunakan sebagai pilihan atap di beberapa bagian ruang rumah, seperti teras, loteng, dan ruang untuk menjemur.

peredam-panas-atap

Karena harganya yang murah,seng mudah didapat di toko bangunan manapun. Anda juga bisa membelinya dengan sistem borongan maupun eceran.  Kebutuhan seng juga merambat pada bangunan-bangunan warung yang ada di emperan jalan. Umumnya, bangunan tersebut memanfaatkan seng karena alasan penghematan biaya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan seng untuk beberapa bagian di ruangan rumah, jangan lupakan kekurangan seng. Seperti yang sudah tertulis di judul, atap seng berpotensi untuk menimbulkan suara bising. Kebisingan tersebut biasanya terjadi saat hujan deras tiba. Atap seng yang berisik karena hujan dapat mencapai 100 dB di bawah atap seng atau sekitar 90 dB di dalam ruangan. Belum lagi suhu panas yang ditimbulkan seng, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan orang yang berada di dalam ruangan tersebut.

Solusi

Salah satu cara untuk mengatasi atap seng yang berisik, banyak orang memilih untuk menggunakan bahan peredam suara seperti glasswool, rockwool, alumunium foil, polyurethane foam atau serat selulosa. Namun cara ini tidak cukup membantu. Peredam suara tersebut memiliki nilai sound transmission loss (insulasi suara) yang rendah, sehingga tidak cukup mampu meredam getaran pada saat hujan tiba. Bahan peredam suara tersebut hanya mengurangi kebisingan antara 2 dB-5dB.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan memilih jenis seng yang berkualitas unggul. Saat ini, tersedia jenis seng yang memiliki komposit yang lebih kuat dan lebih tebal, dengan konsekuensi harga seng ini lebih mahal. Jenis atap ini biasanya disebut sebagai penutup atap galvalum. Namun perlu Anda pahami, memakai jenis atap seng ringan atau galvalum memiliki estetika yang terlihat kurang menarik.

Cara selanjutnya adalah dengan memakai plafon asbes di bawah atap seng. Untuk mengurasi suara berisik yang ditimbulkan oleh hujan, Anda bisa meredamnya dengan memasang plafon asbes. Selain itu, Anda bisa mengurangi paparan suhu panas dengan bantuan plafon tersebut. Asbes berperan sangat penting untuk menahan panas ketika asbes dipasang pada langit-langit.

 

Leave a reply "Cara Mengatasi Kebisingan dan Suhu Panas dari Atap Seng"